Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menghasilkan dan melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri laboratorium
berbasis Teknologi Informasi guna meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan
generik sains, dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMU pada materi laju
reaksi. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen, dengan subyek
penelitian sebanyak 30 siswa kelas XI IPA1 dan sebanyak 26 siswa kelas IPA2
pada salah satu SMU di kota Ternate Propinsi Maluku Utara. Instrumen yang
digunakan adalah tes penguasaan konsep laju reaksi yang terintegrasi dengan
keterampilan generik sains dan keterampilan berpikir kreatif, lembar observasi,
dan kuesioner yang digunakan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap
model pembelajaran yang diterapkan.
Hasil belajar siswa pada kelas kontrol
menggunakan model inkuiri laboratorium berbasis teknologi informasi lebih
tinggi dibandingkan kelas kontrol yang diajarkan secara konvensional. Secara
umum peningkatan N-Gain pada penguasaan konsep, keterampilan generik sains
serta keterampilan berpikir kreatif berada pada kategori tinggi yakni sebesar
0,70, 0,72 dan 0,73 . Peningkatan N-Gain tertinggi terjadi pada konsep
pengertian laju reaksi sedangkan penguasaan konsep terendah terdapat pada
konsep persamaan reaksi dan orde reaksi. Selain itu, pembelajaran menggunakan
multimedia interaktif ini dapat meningkatkan keterampilan generik sains yaitu
pengamatan tidak langsung kemudian berturut-turut disusul oleh menjelaskan
hubungan sebab akibat , membangun konsep , menggunakan bahasa simbolik dan
terakhir menerapkan permodelan matematika ; sedangkan pada keterampilan
berpikir kreatif meliputi meramal dari informasi yang terbatas , kemudian
kemampuan memandang informasi dari sudut pandang yang berbeda , membangkitkan
keingintahuan dan hasrat ingin tahu serta , indikator keterampilan paling
rendah adalah membangun pengetahuan yang telah pada siswa . Secara umum guru
dan siswa memberikan tanggapan yang positif dan sangat termotivasi terhadap
model pembelajaran teknologi informasi ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar