Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran tentang pengaruh Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan
Iklim Organisasi sekolah terhadap produktivitas sekolah pada Madrasah Aliyah
Kota dan Kabupaten Sorong. Permasalahannya adalah bagaimana kondisi actual
Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan Iklim Organisasi sekolah
terhadap produktivitas sekolah dan seberapa besar pengaruh Kepemimpinan
Transformasional kepala sekolah dan Iklim Organisasi sekolah terhadap
perodukivitas sekolah.
Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan teknik survey yang menggunakan data kuantitatif. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh guru pada Madrasah Aliyah Kota dan Kabupaten
Sorong yang berjumlah 240 orang. Sesuai dengan petunjuk Roscoe, pengambilan
sampel disesuaikan dengan jumlah variable yang diteliti, yaitu sekurang-kurangnya
10 (sepuluh) kali variabel yang di teliti.
Sesuai dengan hasil
pengolahan data yang diperoleh menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional
kepala sekolah berpengaruh terhadap produktivitas sekolah sebesar 13%, Iklim
Organisai Sekolah berpengaruh terhadap Produktivitas sekolah sebesar 17%, dan
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berpengaruh terhadap Iklim
OrganisasiSekolah sebesar 24%, sedangkan secara bersama-sama Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah berpengaruh
terhadap Produktivitas Sekolah sebesar 33%.
Beradasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
dikemukkan sebagai berikut, yaitu; (1) peningkatan Produktivitas sekolah dapat
dilakukan melalui implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah (2)
kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah merupakan factor yang mempunyai
pengaruh terhadap factor-faktor lain sehingga peningkatan kemampuan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah akan memberi pengaruh terhadap
iklim organisasi Sekolah dan Produktivitas Sekolah. Dengan demikian upaya
peningkatan produktivitas sekolah perlu terintegrasi dengan pengembangan
organisasi dan manajemen sekolah melalui peningkatan Kepemimpinan
Transformasional Kepala sekolah sebagai factor yang paling menentukan dalam
peningkatan produktivitas sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar