Senin, 23 Maret 2015

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ECOSHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi setelah menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbasis ecoschool. Penelitian menggunakan metode “quasi eksperimen” dengan desain “static group pretest-posttes design” yang melibatkan 60 siswa kelas VII, yang terdiri atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung.

Data penelitian dijaring dengan menggunakan instrumen: (1) tes kognitif berbentuk pilihan ganda, (2) lembar observasi prilaku diri, dan (3) lembar penilaian kinerja. Hasil analisis data postes pada taraf signifikan 1% menunjukkan kedua perlakuan (kelompok eksperimen menggunakan Problem Based Learning berbasis ecoschool, kelompok kontrol menggunakan Direct Instruction) setelah pembelajaran berbeda signifikan. Terdapat peningkatan kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ecoschool dan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dengan kategori sedang.

Berdasarkan hasil analisis lembar observasi prilaku diri menunjukkan peningkatan aktivitas kepedulian siswa terhadap lingkungan setelah pembelajaran. Hasil analisis lembar penilaian kinerja menunjukkan peningkatan psikomotor selama pembelajaran.
positif (setuju), yaitu merasakan manfaat Fisika dalam kehidupan, termotivasi belajar, terlatih kecakapan ilmiah, aktif dalam pembelajaran, dan mudah menguasai konsep. Guru memberikan tanggapan positif, yaitu melatih kecakapan ilmiah, menciptakan siswa aktif dalam pembelajaran, serta menjadikan siswa menemukan dan mengkonstruksi konsep yang dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar