Penelitian ini berjudul: “STUDI TENTANG MANAJEMEN
BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)” (Kontribusi Manajemen BOS dan Kinerja
Mengajar Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri Se-Kecamatan
Majalengka Kabupaten Majalengka).” Fokus penelitian ini diarahkan kepada upaya
untuk mengungkap gambaran empirik tentang kontribusi Manajeman Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) dan Kinerja Mengajar Guru tehadap Efektivitas
Pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Hal
yang diungkap: (1) bagaimana deskripsi tentang Manajeman BOS ? (2) Bagaimana
deskripsi tentang kinerja mengajar guru? (3) Bagaimana deskripsi efektivitas
pembelajaran? (4) Seberapa besar kontribusi Manajemen BOS terhadap efektivitas
pembelajaran? (5) Seberapa besar kontribusi kinerja mengajar guru terhadap
efektivitas pembelajaran? (6) Seberapa besar pengaruh Manajemen BOS terhadap
kinerja mengajar guru? (7) Seberapa besar kontribusi Manajemen BOS dan kinerja
mengajar guru terhadap efektivitas pembelajaran? Metode penelitian ini adalah
metode deskriptif analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda, dengan teknik
pengumpulan data meliputi: studi dokumentasi, penyebaran angket dan wawancara.
Dari hasil pengolahan dan
analisis data dengan bantuan program SPSS versi 13.0 diperoleh: (1) Manajemen
BOS mendapat perolehan skor maksimal 86% pada kategori baik, (2) Kinerja
Mengajar Guru mendapat perolehan skor maksimal 83,51% pada kategori baik, (3)
Efektivitas Pembelajaran skor maksimal 82,81% pada kategori baik, (4)
Kontribusi Manajemen BOS terhadap Efektivitas Pembelajaran hubungannya sangat
rendah sebesar 17%, (5) Kontribusi Kinerja Mengajar Guru terhadap Efektivitas
Pembelajaran hubungannya rendah sebesar 34,9%, (6) Kontribusi Manajemen BOS
terhadap Kinerja Mengajar Guru hubungannya sangat rendah yaitu sebesar 13,6%
dan (7) Kontribusi Manajemen BOS dan Kinerja Mengajar Guru berpengaruh secara
signifikan terhadap Efektivitas Pembelajaran sebesar 45,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat
pengaruh yang signifikan antara kontribusi Manajemen Bantuan Operasional
Sekolah (BOS) dan Kinerja Mengajar guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di
SMP Negeri se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.
Hasil penelitian ini dapat
dijadikan masukan bagi para pembuat kebijakan institusi, pengelola pendidikan
dasar, masyarakat pengguna pendidikan maupun peneliti berikutnya untuk
meningkatkan keefektifan penggunaan dan pengelolaan dana pendidikan dan kinerja
mengajar guru terhadap efektivitas pembelajaran guna meningkatkan mutu
pendidikan, khususnya pendidikan dasar yang dibiayai dana BOS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar