Selasa, 10 Maret 2015

STUDI TENTANG MANAJEMEN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH(BOS): Kontribusi Manajemen BOS dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri Se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka)

Penelitian ini berjudul: “STUDI TENTANG MANAJEMEN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)” (Kontribusi Manajemen BOS dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri Se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka).” Fokus penelitian ini diarahkan kepada upaya untuk mengungkap gambaran empirik tentang kontribusi Manajeman Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Kinerja Mengajar Guru tehadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Hal yang diungkap: (1) bagaimana deskripsi tentang Manajeman BOS ? (2) Bagaimana deskripsi tentang kinerja mengajar guru? (3) Bagaimana deskripsi efektivitas pembelajaran? (4) Seberapa besar kontribusi Manajemen BOS terhadap efektivitas pembelajaran? (5) Seberapa besar kontribusi kinerja mengajar guru terhadap efektivitas pembelajaran? (6) Seberapa besar pengaruh Manajemen BOS terhadap kinerja mengajar guru? (7) Seberapa besar kontribusi Manajemen BOS dan kinerja mengajar guru terhadap efektivitas pembelajaran? Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda, dengan teknik pengumpulan data meliputi: studi dokumentasi, penyebaran angket dan wawancara.

Dari hasil pengolahan dan analisis data dengan bantuan program SPSS versi 13.0 diperoleh: (1) Manajemen BOS mendapat perolehan skor maksimal 86% pada kategori baik, (2) Kinerja Mengajar Guru mendapat perolehan skor maksimal 83,51% pada kategori baik, (3) Efektivitas Pembelajaran skor maksimal 82,81% pada kategori baik, (4) Kontribusi Manajemen BOS terhadap Efektivitas Pembelajaran hubungannya sangat rendah sebesar 17%, (5) Kontribusi Kinerja Mengajar Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran hubungannya rendah sebesar 34,9%, (6) Kontribusi Manajemen BOS terhadap Kinerja Mengajar Guru hubungannya sangat rendah yaitu sebesar 13,6% dan (7) Kontribusi Manajemen BOS dan Kinerja Mengajar Guru berpengaruh secara signifikan terhadap Efektivitas Pembelajaran sebesar 45,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kontribusi Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Kinerja Mengajar guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.


Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi para pembuat kebijakan institusi, pengelola pendidikan dasar, masyarakat pengguna pendidikan maupun peneliti berikutnya untuk meningkatkan keefektifan penggunaan dan pengelolaan dana pendidikan dan kinerja mengajar guru terhadap efektivitas pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar yang dibiayai dana BOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar