Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana
gambaran dan kontribusi supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru dan
kinerja mengajar guru”. Tujuannya untuk mengetahui dan menganalisis gambaran
kontribusi antar variabel supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru dan
kinerja mengajar guru. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara random 73 guru dari populasi
sejumlah 276 orang. Wilayah penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri
se-Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau. Objek penelitian adalah guru PNS.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
inferensial.
Hasil penelitian ditemukan
bahwa besarnya kontribusi supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru
terhadap kinerja mengajar guru 31,00 %, dan sisanya 69,00 % dipengaruhi faktor
lain yang tidak diteliti, seperti : kemampuan, intelegensi, sikap, pengalaman
kerja, sarana dan prasarana, gaya kepemimpinan, serta lingkungan kerja dan
lain-lain.
Direkomendasikan bahwa (1)
teknik supervisi individual masih lemah, sebaiknya kepala sekolah melaksanakan
supervisi individual secara teratur dan terus menerus, (2) motivasi ekstrinksik
guru dapat ditingkatkan dengan sikap terbuka dan mau menerima masukan, dan (3)
pelaksanaan pembelajaran oleh guru masih belum optimal, sebaiknya guru meningkatkan
lagi kemampuannya dalam pelaksanaan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar