Selasa, 10 Maret 2015

KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU PADA SMA NEGERI SE-KABUPATEN INDRAGIRI HULU PROVINSI RIAU

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana gambaran dan kontribusi supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kinerja mengajar guru”. Tujuannya untuk mengetahui dan menganalisis gambaran kontribusi antar variabel supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kinerja mengajar guru. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara random 73 guru dari populasi sejumlah 276 orang. Wilayah penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri se-Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau. Objek penelitian adalah guru PNS. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Hasil penelitian ditemukan bahwa besarnya kontribusi supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja mengajar guru 31,00 %, dan sisanya 69,00 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti, seperti : kemampuan, intelegensi, sikap, pengalaman kerja, sarana dan prasarana, gaya kepemimpinan, serta lingkungan kerja dan lain-lain.


Direkomendasikan bahwa (1) teknik supervisi individual masih lemah, sebaiknya kepala sekolah melaksanakan supervisi individual secara teratur dan terus menerus, (2) motivasi ekstrinksik guru dapat ditingkatkan dengan sikap terbuka dan mau menerima masukan, dan (3) pelaksanaan pembelajaran oleh guru masih belum optimal, sebaiknya guru meningkatkan lagi kemampuannya dalam pelaksanaan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar