Kemampuan Manajerial Kepala
Madrasah merupakan faktor yang dapat berpengaruh terhadap kompetensi guru dan
akan mendorong guru/pegawai bekerja, berperan serta berupaya berusaha melakukan
kualitas Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting untuk
mencapai tujuan yang sesuai dengan perkembangan dunia. Guru dituntut untuk memilki kemampuan
profesional, kreatif dan inovatif serta bekompensi.
Penelitian ini mencakup tujuh permasalahan pokok,
yaitu (1) Bagaimana Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Aliyah di
Kota Tangerang? (2) Bagaimana Kompetensi Guru Madrasah Aliyah di Kota
Tangerang? (3) Bagaiamana kualitas Pendidikan Madrasah Aliyah di Kota
Tangerang? (4) Seberapa besar Kompetensi guru berpengaruh terhadap kualitas
Pendidikan ? (5) Seberapa besar Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah berpengaruh
terhadap kopetensi guru? Seberapa besar peningkatan kualitas pendidikan di
Madrasah Aliyah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompetensi Guru?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana instrumen
penelitian dalam bentuk angket/skala sikap sangat dominan ditambah dengan
instrument lain yang dapat membantu mempertajam analisis. Hasil penelitian
memperoleh gambaran bahwa Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan kompetensi
guru di Madrasah Aliyah Kota Tangerang sudah termasuk ke dalam katagori baik,
namun masih perlu diadakan pembinaan dan peningkatan terutama yang berkenaan
dengan peniningkat kemampuan kepala sekolah/madrasah mengelola sarana dan
prasarana dan motivasi guru belajar dari berbagai sumber untuk memperbaharui
rencana pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan
terutama masalah Peningkatan Mutu masih perlu mendapat perhatian khusus dari
semua pihak yang terkait, dan terutama Kanwil Kementerian Agama Kota Tangerang
untuk mengadakan pembinaan terhadapkompetesi guru dan kemampuan manajerial
kepala Madrasah serta memberikan motivasi dan dorongan kepada guru untuk
bekerja kreatif inovatif serta profesionalisme. Dalam upaya meningkatan mutu
pendidikan, kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang amat penting.
Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi personal,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Upaya untuk meningkatkan
kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar