Selasa, 10 Maret 2015

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS SEKOLAH: Studi pada Madrasah Aliyah Kota dan Kabupaten Sorong

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan Iklim Organisasi sekolah terhadap produktivitas sekolah pada Madrasah Aliyah Kota dan Kabupaten Sorong. Permasalahannya adalah bagaimana kondisi actual Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan Iklim Organisasi sekolah terhadap produktivitas sekolah dan seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan Iklim Organisasi sekolah terhadap perodukivitas sekolah.

Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik survey yang menggunakan data kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru pada Madrasah Aliyah Kota dan Kabupaten Sorong yang berjumlah 240 orang. Sesuai dengan petunjuk Roscoe, pengambilan sampel disesuaikan dengan jumlah variable yang diteliti, yaitu sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) kali variabel yang di teliti.
Sesuai dengan hasil pengolahan data yang diperoleh menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap produktivitas sekolah sebesar 13%, Iklim Organisai Sekolah berpengaruh terhadap Produktivitas sekolah sebesar 17%, dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berpengaruh terhadap Iklim OrganisasiSekolah sebesar 24%, sedangkan secara bersama-sama Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah berpengaruh terhadap Produktivitas Sekolah sebesar 33%.


Beradasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikemukkan sebagai berikut, yaitu; (1) peningkatan Produktivitas sekolah dapat dilakukan melalui implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah (2) kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah merupakan factor yang mempunyai pengaruh terhadap factor-faktor lain sehingga peningkatan kemampuan kepemimpinan transformasional kepala sekolah akan memberi pengaruh terhadap iklim organisasi Sekolah dan Produktivitas Sekolah. Dengan demikian upaya peningkatan produktivitas sekolah perlu terintegrasi dengan pengembangan organisasi dan manajemen sekolah melalui peningkatan Kepemimpinan Transformasional Kepala sekolah sebagai factor yang paling menentukan dalam peningkatan produktivitas sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar