Tujuan Penelitian adalah ingin mengetahui
seberapa besar pengaruh pendidikan dan pelatihan serta kompetensi terhadap
kinerja kepala sekolah dasar. Adapun pengaruh yang dilihat adalah, pengaruh
variabel X1 pendidikan dan pelatihan terhadap variabel Y kinerja kepala
sekolah, pengaruh variabel X2 kompetensi terhadap (Y) kinerja kepala sekolah,
pengaruh variabel X1 Pendidikan dan pelatihan terhadap X2 kompetensi serta
pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode korelasional deskriftif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik
pengumpulan data adalah berupa angket dan tes. Variabel X1 dan Y menggunakan
angket dan variabel X2 menggunakan tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh
kepala sekolah dasar yang berada di Ibukota Kecamatan di Kabupaten Natuna.
Mengingat jumlah sekolah yang berada di Ibukota kecamatan hanya sedikit dan
sulit terjangkau maka dalam penelitian ini hanya mengambil 45 orang kepala
sekolah untuk dijadikan sampel. Ada beberapa tahap dalam penelitian ini
seperti, tahap uji ccoba angket dengan menguji validitas data, yaitu validitas
rasional dan uji validitas empirik dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik
analisa data melalui statistik dengan uji normalitas uji homogenitas, uji
persamaan korelasi dan regresi, korelasi ganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis
dapat disimpulkan bahwa (1),Terdapat pengaruh yang signifikan Variabel X1 dan
Variabel Y dengan alasan, f-hitung lebih besar dari f-tabel (12,54 > 4,07,
(2), Terdapat pengaruh yang siginifikan antara variabel X2 terhadap Variabel Y
dengan alasan, f-hitung lebih besar dari f-tabel (13,03 >4,07), (3),
Terdapat pengaruh yang siginifikan antara variabel X1 terhadap X2 dengan alasan,
F-hitung lebih besar dari f-tabel (9,30> 4,07), Ada pengaruh yang signifikan
antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan alasan, dengan
penghitungan korelasi ganda maka terdapat hasil f-hitung lebih besar dari
f-tabel (9,76>3,22).
Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan
bahwa diharapkan pada pemerintah Kabupaten Natuna khususnya Dinas Pendidikan
Kabupaten Natuna untuk meningkatkan intensitas pendidikan dan pelatihan serta
kompetensi dalam rangka peningkatan kinierja kepala sekolah dasar. Bagi para
guru yang sudah memenuhi syarat untuk diangkat menjadi kepala sekolah dasar,
sebelum diangkat menjadi kepala sekolah hendaknya sudah membekali diri dengan
mengikuti berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan serta menigkatkan
kompetensi supaya kinerja yang dimiliki sesuai dengan yang diharapkan semua
pihak. Bagi kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas dan para pengawas hendaknya
dapat menilai kinerja kepala sekolah secara berkala dan berkesinambungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar