Banyak faktor yang
menyebabkan tenaga pendidik tidak dapat mengembangkan kemampuan profesionalnya,
diataranya adalah faktor perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya
organisasi di sekolah di unit kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh
mana pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya
organisasi secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan profesional tenaga
pendidik pada SMK.
Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat
pengaruh antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah tehadap kemampuan
profesional tenaga pendidik, budaya organisasi terhadap kemampuan profesional
tenaga pendidik, serta secara bersama-sama antara kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kemampuan profesional tenaga
pendidik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode deskriptif yang bersifat asosiatif. Sampel diambil secara
pendugaan proporsi populasi dengan menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Taro
Yamane atau Slovin. Sampel yang menjadi responden pada penelitian ini adalah 67
orang dari 205 orang populasi tenaga pendidik. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah angket dengan model skala Likert.
Hasil pengolahan data
mengenai kepemimpinan transformasional kepala sekolah menunjukkan kriteria baik
(3,267) dari skol ideal, sedangkan untuk budaya organisasi menunjukkan kriteria
baik (3,620) dari skor ideal, sedangkan kemampuan profesional tenaga pendidik
menunjukkan kriteria baik (3,680) dari skor ideal. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap kemampuan profesional tenaga pendidik
sebesar 22,47%, budaya organisasi terhadap kemampuan profesional tenaga
pendidik sebesar 30,36%, budaya organisasi secara bersama-sama kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kemampuan profesional tenaga
pendidik sebesar 31,82%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat
pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah
dan budaya organisasi terhadap kemampuan profesional tenaga pendidik. Sedangkan
rekomendasinya adalah bahwa kepala sekolah harus lebih berperilaku
transformatif dalam mengelola budaya organisasi karena keduanya memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan profesional tenaga pendidik yang
pada akhirnya akan berdampak positif pada peningkatan mutu sekolah.
height:115%;font-family:"Times New Roman","serif";
mso-ascii-theme-font:major-bidi;mso-hansi-theme-font:major-bidi;mso-bidi-theme-font:
major-bidi;color:black;background:white;mso-ansi-language:IN'>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar