Selasa, 10 Maret 2015

KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SMP SWASTA DI KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG

Banyak keprihatinan disuarakan oleh berbagai kalangan berkaitan dengan rendahnya mutu pendidikan di tanah air. Salah satunya dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia Indonesia yang menempati peringkat 110 lebih rendah dari negara Vietnam. Peningkatan anggaran pendidikan sesuai dengan amanat undang-undang menjadi 20% dari APBN tentunya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air. Kualitas pendidikan mempunyai keterkaitan yang tinggi dengan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dikelas.

Penelitian ini difokuskan pada kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran pada SMP swasta di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Permasalahannya adalah ”Bagaimana Kontribusi perilaku kepemimpinan Kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran pada SMP swasta di kecamatan Coblong kota Bandung, serta mengungkapkan bagaimana hubungan antara variabel-variabel penelitian sehingga diperoleh gambaran pengaruh diantara variabel-variabel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik survei yang menggunakan data kuantitatif. Sampel diambil secara random 68 guru dari populasi sejumlah 214 guru SMP swasta di kecamatan Coblong kota Bandung. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert, teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan jasa komputer program SPSS (Statistical Product and Service Solution ) for Windows Version 16.0.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) gambaran umum efektivitas pelaksanaan pembelajaran cenderung tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,83; (2) gambaran umum perilaku kepemimpinan kepala sekolah cenderung tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,85; (3) gambaran umum kompetensi pedagogik guru cenderung tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,43;(4) Perilaku kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran sebesar 39,0%; (5) Kompetensi pedagogik guru berkontribusi secara posisif dan signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran sebesar 54,0%; (6) Secara simultan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran sebesar 60,2%.


Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan penyediaan ketersediaan perlengkapan dan peralatan pembelajaran, meningkatkan kreativitas guru dalam membuat alat peraga dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar, kepala sekolah sebaiknya memberikan penghargaan terhadap prestasi kerja guru, dan guru sebaiknya meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi informasi agar efektivitas pelaksanaan pembelajaran meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar