Selasa, 10 Maret 2015

KONTRIBUSI PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DAN KETERSEDIAAN SARANA PRAKTIK TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN : Studi Tentang Persepsi Siswa Pada Smk Negeri Dan Swasta Di Kota Cirebon

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan polemik efektivitas pembelajaran pada SMK Negeri dan Swasta di Kota Cirebon sebagai akibat adanya kesenjangan dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan sistem ganda dan ketersediaan sarana praktik yang belum memadai dan terstandar. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode survey.Sampel 85 responden dari 574 siswa Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif pada SMK Negeri dan Swasta di Kota Cirebon. Instrumen berupa angket dengan skala Likert dan analisis korelasi ganda.

Dari hasil penelitian, ditemukan kebermaknaan tentang pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam PSG dan ketersediaan sarana praktik terhadap efektivitas pembelajaran, berada dalam kategori cukup baik, korelasi kuat dan kontribusi kedua variabel secara simultan terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 57,61 %, sedangkan sisanya 42,39 % ditentukan antara lain oleh variabel budaya/etos kerja, kinerja instruktur, sumber belajar dan lain-lain.


Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan kompetensi lulusan, jaminan kualitas (quality assurance), relevansi lulusan, outsourcing sarana praktik dan komitmen sekolah terhadap mutu. Rekomendasi diajukan terutama kepada pihak sekolah untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan institusi pasangan, optimalisasi peran serta masyarakat dalam pengadaan sarana praktik dan pelayanan terhadap pelanggan (siswa/masyarakat, DU/ DI) berfokus pada mutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar