Penelitian ini merupakan studi tentang seberapa
besar pengendalian mutu proses pembelajaran bahasa Inggris pada Sekolah
Menengah Pertama Sekolah Standar Nasional dan Rintisan Bertaraf Internasional
di Kota Medan berbasis PDCA. Dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah,
guru sebagai objek yang diteliti, dan siswa sebagai mutu lulusan yang
mencerminkan prestasi belajar murid oleh guru.
Penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh data akurat mengenai hubungan dan korelasi antara kesadaran
guru terhadap mutu, komitmen guru terhadap mutu, dan keterlibatan guru dalam
pengendalian mutu terhadap prestasi belajar murid, peneliti melibatkan kepala
sekolah, guru, dan siswa secara acak pada SMP SSN dan RSBI di Kota Medan. Data yang digunakan berupa angket
kepada kepala sekolah, guru dan siswa. Guru dan siswa juga diberi tes untuk
mengukur kompetensi dan penguasaannya terhadap materi pelajaran. Kemudian
angket dan tes dikumpulkan, didata dan diolah menjadi skor dengan SPSS menghasilkan
korelasi, regresi dan mean, menggunakan metode path analysis serta pendekatan
berbasis Plan-Do-Check-Action. Disamping itu peneliti juga menggunakan metode
observasi dan wawancara untuk memperkuat data temuan di lapangan.
Dari hasil analisis data diperoleh gambaran dan
kesimpulan bahwa hubungan kesadaran guru terhadap mutu sangat tinggi
pengaruhnya terhadap komitmen mutu, kemudian secara langsung berpengaruh
terhadap keterlibatan guru dalam pengendalian mutu, selanjutnya kesadaran mutu
memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap prestasi belajar murid.
Komitmen mutu memberikan andil yang besar terhadap pengendalian mutu,
selanjutnya berkontribusi kepada prestasi belajar murid. Pengendalian mutu
memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap prestasi belajar murid.
Berdasarkan temuan ini penulis merekomendasikan
kepada guru, kepala sekolah, dinas pendidikan kota/kabupaten, dan LPMP agar
pengendalian mutu proses pembelajaran bahasa Inggris berbasis PDCA dapat
diterapkan di sekolah dalam lingkungan dinas pendidikan demi peningkatan
pencapaian mutu hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar