Selasa, 10 Maret 2015

STUDI TENTANG PENGENDALIAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SMP SSN DAN RSBI DI KOTA MEDAN BERBASIS PDCA

Penelitian ini merupakan studi tentang seberapa besar pengendalian mutu proses pembelajaran bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Pertama Sekolah Standar Nasional dan Rintisan Bertaraf Internasional di Kota Medan berbasis PDCA. Dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru sebagai objek yang diteliti, dan siswa sebagai mutu lulusan yang mencerminkan prestasi belajar murid oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data akurat mengenai hubungan dan korelasi antara kesadaran guru terhadap mutu, komitmen guru terhadap mutu, dan keterlibatan guru dalam pengendalian mutu terhadap prestasi belajar murid, peneliti melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa secara acak pada SMP SSN dan RSBI di Kota Medan. Data yang digunakan berupa angket kepada kepala sekolah, guru dan siswa. Guru dan siswa juga diberi tes untuk mengukur kompetensi dan penguasaannya terhadap materi pelajaran. Kemudian angket dan tes dikumpulkan, didata dan diolah menjadi skor dengan SPSS menghasilkan korelasi, regresi dan mean, menggunakan metode path analysis serta pendekatan berbasis Plan-Do-Check-Action. Disamping itu peneliti juga menggunakan metode observasi dan wawancara untuk memperkuat data temuan di lapangan.

Dari hasil analisis data diperoleh gambaran dan kesimpulan bahwa hubungan kesadaran guru terhadap mutu sangat tinggi pengaruhnya terhadap komitmen mutu, kemudian secara langsung berpengaruh terhadap keterlibatan guru dalam pengendalian mutu, selanjutnya kesadaran mutu memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap prestasi belajar murid. Komitmen mutu memberikan andil yang besar terhadap pengendalian mutu, selanjutnya berkontribusi kepada prestasi belajar murid. Pengendalian mutu memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap prestasi belajar murid.


Berdasarkan temuan ini penulis merekomendasikan kepada guru, kepala sekolah, dinas pendidikan kota/kabupaten, dan LPMP agar pengendalian mutu proses pembelajaran bahasa Inggris berbasis PDCA dapat diterapkan di sekolah dalam lingkungan dinas pendidikan demi peningkatan pencapaian mutu hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar