Selasa, 10 Maret 2015

PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMA NEGERI KABUPATEN PURWAKARTA

Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut, apakah terdapat pengaruh antara fasilitas pembelajaran dan kinerja mengajar guru terhadap pembelajaran efektif? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Profil fasilitas pembelajaran, kinerja mengajar dan pembelajaran efektif; (2) korelasi antara fasilitas pembelajaran, kinerja mengajar guru dan pembelajaran efektif; (3) pengaruh antara fasilitas pembelajaran dengan pembelajaran efektif; (4) pengaruh antara kinerja mengajar guru dengan pembelajaran efektif; (5) pengaruh antara fasilitas pembelajaran dan kinerja mengajar guru secara bersama-sama dengan pembelajaran efektif. Manfaat penelitian secara teoritis : (1) memberikan sumbangsih pengembangan ilmu pengetahuan di bidang administrasi pendidikan; (2) dijadikan sebagai data informasi untuk kalangan praktisi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kabupaten Purwakarta, dengan metode penelitian kuantitatif dengan statisti deskriptif analitis, dengan sampel 120 guru dan menggunakan analisis korelasional dan regresi.

Hasil penelitian ditemukan bahwa besarnya pengaruh secara simultan antara fasilitas pembelajaran (X1) dan kinerja mengajar guru (X2) terhadap pembelajaran efektif (Y) sebesar 0,550 tergolong cukup kuat. Sedangkan kontribusi secara bersama-sama (simultan) variabel X1 dan X2 terhadap (Y) = R2 X 100% = 30,2 % dan sisanya 69,8 % ditentukan oleh variabel lain. Kemudian mengenai besar naik turunnya pemebelajaran efektif dapat diprediksi melalui persamaan %4;=a+b1X1+b2X2= 35,769+0,490X1+0,103X2 Selanjutnya dapat untuk dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) Besarnya pengaruh variabel fasilitas pembelajaran terhadap pembelajaran efektif adalah 0,537 sedangkan kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 28,8 % kemudian sisanya 71,2 % ditentukan oleh variabel lain; (2) Besarnya pengaruh variabel kinerja mengajar guru terhadap pembelajaran efektif adalah 0,315 sedangkan kontribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 9,9 % kemudian sisanya 90,1 % ditentukan oleh variabel lain; (3) Besarnya pengaruh variabel fasilitas pembelajaran dan kinerja mengajar guru secara bersama-sama terhadap pembelajaran efektif adalah 0,550 sedangkan kontribusi variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 30,2 % kemudian sisanya 69,2% ditentukan oleh variabel lain.


Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka di rekomendasikan adalah sebagai berikut : (1) untuk guru perlunya peningkatan kinerja mengajar guru agar pembelajaran di tingkat sekolah menengah lebih bermutu dan siap menghadapi persaingan dimasa yang akan dating; (2) Untuk Pemerintah perannya sangat urgen dan diharapkan dalam meningkatkan fasilitas pembelajaran karena peningkatan fasilitas berkaitan dengan anggaran sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar