Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai
berikut, apakah terdapat pengaruh antara fasilitas pembelajaran dan kinerja
mengajar guru terhadap pembelajaran efektif? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis (1) Profil fasilitas pembelajaran, kinerja mengajar
dan pembelajaran efektif; (2) korelasi antara fasilitas pembelajaran, kinerja mengajar
guru dan pembelajaran efektif; (3) pengaruh antara fasilitas pembelajaran
dengan pembelajaran efektif; (4) pengaruh antara kinerja mengajar guru dengan
pembelajaran efektif; (5) pengaruh antara fasilitas pembelajaran dan kinerja
mengajar guru secara bersama-sama dengan pembelajaran efektif. Manfaat
penelitian secara teoritis : (1) memberikan sumbangsih pengembangan ilmu
pengetahuan di bidang administrasi pendidikan; (2) dijadikan sebagai data
informasi untuk kalangan praktisi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri Kabupaten Purwakarta, dengan metode penelitian kuantitatif dengan
statisti deskriptif analitis, dengan sampel 120 guru dan menggunakan analisis
korelasional dan regresi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa besarnya
pengaruh secara simultan antara fasilitas pembelajaran (X1) dan kinerja
mengajar guru (X2) terhadap pembelajaran efektif (Y) sebesar 0,550 tergolong
cukup kuat. Sedangkan kontribusi secara bersama-sama (simultan) variabel X1 dan
X2 terhadap (Y) = R2 X 100% = 30,2 % dan sisanya 69,8 % ditentukan oleh
variabel lain. Kemudian mengenai besar naik turunnya pemebelajaran efektif
dapat diprediksi melalui persamaan %4;=a+b1X1+b2X2= 35,769+0,490X1+0,103X2
Selanjutnya dapat untuk dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) Besarnya pengaruh
variabel fasilitas pembelajaran terhadap pembelajaran efektif adalah 0,537
sedangkan kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 28,8 % kemudian sisanya
71,2 % ditentukan oleh variabel lain; (2) Besarnya pengaruh variabel kinerja
mengajar guru terhadap pembelajaran efektif adalah 0,315 sedangkan kontribusi
variabel X2 terhadap Y sebesar 9,9 % kemudian sisanya 90,1 % ditentukan oleh
variabel lain; (3) Besarnya pengaruh variabel fasilitas pembelajaran dan
kinerja mengajar guru secara bersama-sama terhadap pembelajaran efektif adalah
0,550 sedangkan kontribusi variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap Y
sebesar 30,2 % kemudian sisanya 69,2% ditentukan oleh variabel lain.
Berdasarkan hasil penelitian
diatas, maka di rekomendasikan adalah sebagai berikut : (1) untuk guru perlunya
peningkatan kinerja mengajar guru agar pembelajaran di tingkat sekolah menengah
lebih bermutu dan siap menghadapi persaingan dimasa yang akan dating; (2) Untuk
Pemerintah perannya sangat urgen dan diharapkan dalam meningkatkan fasilitas
pembelajaran karena peningkatan fasilitas berkaitan dengan anggaran sebagaimana
diatur dalam Peraturan Pemerintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar