Manajemen Pembiayaan Pendidikan dan mutu
Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Swasta (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan
Bahasa Asing, LIA, MMC, ELS dan Cinderella di Bandung Tahun 2002 - 2003) Oleh :
Rachman Firdaus, Tesis S2 PPS UPI Bandung, 2004. Pendidikan di Indonesia
diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,
sebagai investasi baik bagi individu maupun masyarakat. Pembiayaan pendidikan
pada Lembaga Pendidikan Swasta, seluruhnya bersumber dari dana masyarakat,
sehingga permasalahan penelitian adalah bagaimana Lembaga Pendidikan Swasta
dapat dimenej secara tepat arah dalam hal mengembangkan mutu, relevansi,
efisiensi dan efektivitasnya sehingga dapat menjadikan dirinya sebagai
alternatif pendidikan bagi masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan
informasi tentang upaya- upaya strategis Lembaga Pendidikan Swasta dalam
menghimpun sumber-sumber dana untuk membiayai pendidikan, dan informasi
mengenai pengelolaan sumber dana pada Lembaga Pendidikan Swasta, terfokus pada
Empat Lembaga Pendidikan Kursus Bahasa Asing di Bandung. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan metoda deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulkan
data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Lokasi penelitian di Bandung, data diperoleh dari Ketua, Pembantu Ketua dan
Staf.
Hasil temuan penelitian antara lain: Pertama,
proses penyusunan pembiayaan pendidikan secara umum mempertimbangkan
komponen-komponen mandat lembaga, tuntutan stakeholders, dan tuntutan pesaing.
Kedua, upaya strategis dalam mengga» sumber-sumber dana dari masyarakat
ditempuh melalui dua pendekatan strategis yaitu pendekatan eksternal dan
pendekatan internal. Ketiga, proses pengawasan kinerja Lembaga dilaksanakan
berkaitan dengan akuntabilitas terhadap mutu oendidikan, dengan cara evaluasi
dan analisis. Keempat, mutu pendidikan menunjukkan keterkaitan yang erat dengan
ketersediaan dana.
Sistem pembiayaan yang efektif efisien dapat
mewujudkan pendidikan yang bermutu dan menjamin kelangsungan hidup Lembaga
Pendidikan. Kesimpulan dan Rekomendasi penelitian ini adalah: Sistem
pengelolaan dan manajemen penggalian dana pembiayaan pendidikan supaya
difokuskan pada upaya diversifikasi pendapatan melalui strategi kemitraan, baik
berupa kerjasama kooperatif maupun joint ventures. Sistem pengawasan internal
dan eksternal untuk menghindari adanya over interest dari pihak luar.
Peningkatan mutu pendidikan diupayakan dengan mengutamakan pengalokasian dana
pada komponen yang langsuna menyentuh kebutuhan proses belajar mengajar. Fungsi
manajer yang berkaitan dengan Enabting, Fasilitating, Consulting,
Collaborating, Mentoring, dan supporting supaya ditingkatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar