Selasa, 10 Maret 2015

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Produktivitas Sekolah di Kabupaten Sumedang (Studi Analisis Deskriptif Pada SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang)

Penelitian ini berjudul: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Produktivitas Sekolah di Kabupaten Sumedang (Studi Analisis Deskriptif Pada SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran kepemimpinan kepala SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang; (2) gambaran budaya kerja guru SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang; (3) gambaran produktivitas SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang; (4) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang; (5) seberapa besar pengaruh budaya kerja terhadap produktivitas SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang; (6) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya sekolah di SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Sumedang; (7) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara simultan terhadap produktivitas sekolah di SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Sumedang. Metodologi penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian yaitu guru dan kepala sekolah SMA se Kabupaten Sumedang sebanyak 1074 (guru dan kepala sekolah) dari 25 SMA di Kabupaten Sumedang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 283 orang yang 25 di antaranya adalah kepala sekolah.

Hasil penelitian diketahui: (1) kepemimpinan kepala sekolah SMA di Sumedang berada pada taraf 72,56% atau berada dalam kategori baik; (2) budaya sekolah SMA di Kabupaten Sumedang berada pada taraf 79,33% atau berada dalam kategori baik; (3) produktivitas sekolah SMA se Kabupaten Sumedang berada pada kategori baik dengan mencapai taraf 83,11%; (4) pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Sekolah sebesar 0,956 (korelasi sangat kuat) dan kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap produktivitas sekolah sebesar 91,4%,; (5) Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Produktivitas Sekolah sebesar 0,961 (sangat kuat) dan budaya sekolah berkontribusi terhadap produktivitas sekolah sebesar 92,3%; (6) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Budaya Sekolah sebesar 0,989 (sangat kuat) dan kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap budaya sekolah sebesar 97,6%; dan (7) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara simultan terhadap produktivitas sekolah ditunjukkan dengan koefisien sebesar 0,962 (kategori korelasi sangat kuat) dan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara simultan berkontribusi sebesar 92,5% terhadap produktivitas sekolah.


Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut maka hipotesis yang berbunyi: (1) Kepemipinan Kepala Sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap produktivitas sekolah telah terbukti dan diterima; (2) Budaya Sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap produktivitas sekolah telah terbukti dan diterima; (3) Kepemipinan Kepala Sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap budaya sekolah telah terbukti dan diterima; dan (4) Kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara simultan berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap produktivitas sekolah telah terbukti diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar