Penelitian ini mengangkat
isu tentang produktifitas sekolah pada SMK di Kabupaten Cianjur dengan tiga
buah variabel yang diteliti, yaitu kinerja manajerial kepala sekolah, iklim
sekolah dan produktifitas sekolah. Penelitian ini di beri judul: “Kontribusi
kinerja manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap produktifitas
sekolah (Sebuah Analisis Deskriptif pada SMK di Kabupaten Cianjur)”.
Permasalahan yang melatar-belakangi diangkatnya isu di atas adalah karena
terdapat kenyataan bahwa produktifitas pada dasarnya merupakan permasalahan
yang sering dihadapi oleh kebanyakan lembaga pendidikan, khususnya SMK di
Kabupaten Cianjur. Selain itu, SMK pada saat ini sedang menjadi pusat perhatian
pemerintah.
Sementara itu, dari studi literatur yang penulis
lakukan di perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), sangat sulit
bagi penulis untuk menemukan referensi tentang penelitian terdahulu yang
bertajuk SMK, hal ini membuktikan bahwa masih sedikit mahasiswa UPI yang
melakukan penelitian tentang SMK, khususnya yang bertajuk produktifitas SMK.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan analisis statistik deskrtiptif, analisis korelasi dan sebagai
pelengkap digunakan pula analisis regresi. Adapun data dikumpulkan melalui
angket yang disebarkan kepada sejumlah responden yang terdiri atas guru dan
pengawas SMK se-Kabupaten Cianjur. Responden guru diambil secara random dari
SMK-SMK yang dipilih berdasarkan strata akreditasinya, yaitu 289 orang guru
yang berasal dari 13 sekolah perwakilan dari sekolah-sekolah terakreditasi A, B
dan belum terakreditasi. Karena jumlah pengawas hanya empat orang, maka
semuanya digunakan sebagai responden dan data yang diperoleh dari pengawas ini
dianalisis untuk digunakan sebagai pembanding.
Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini adalah: (1) secara umum produktifitas sekolah, iklim sekolah
serta kinerja manajerial kepala sekolah pada SMK di Kabupaten Cianjur dalam
kondisi baik (berkedudukan pada kisaran angka 61-80 dalam garis kontinum). (2) Terdapat korelasi yang signifikan
kinerja manajerial kepala sekolah dengan iklim sekolah dengan angka korelasi
sebesar 0.429 menurut versi guru dan 0.797 menurut versi pengawas. (3) Terdapat
kontribusi yang signifikan kinerja manajerial kepala sekolah terhadap
produktifitas sekolah dengan angka kontribusi sebesar 3.03% menurut versi guru
dan 44.76% menurut versi pengawas. (4) Terdapat kontribusi yang signifikan
iklim sekolah tehadap produktifitas sekolah dengan angka kontribusi sebesar
11.42% menurut versi guru dan 44.62% menurut versi pengawas, dan (5) terdapat
kontribusi yang signifikan kinerja manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah
secara bersama-sama terhadap produktifitas sekolah dengan angka kontribusi
sebesar 11.49% menurut versi guru dan 49.70% menurut versi pengawas.
Rekomendasi dari hasil penelitian
ini adalah, karena menurut versi guru nilai kontribusi kinerja manajerial
kepala sekolah terhadap produktifitas sekolah sangat kecil, maka: (1) kepala
SMK di Kabupaten Cianjur perlu melakukan upaya peningkatan kinerja
manajerialnya, (2) sebaiknya Pemerintah Kabupaten Cianjur melakukan perbaikan
pada sistem recruitment kepala SMK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar