Penelitian ini bertujuan menerapkan metode
pembelajaran praktikum konfrontatif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan
sikap ilmiah siswa kelas VII pada pokok bahasan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan. Penelitian menggunakan metode “quasi eksperimen” dengan
“static group pretest-posttes design” yang melibatkan 74 siswa kelas VII, yang
terdiri atas 38 siswa kelas ekperimen dan 36 siswa kelas kontrol pada salah
satu SMP Negeri di Kabupaten Nias. Data penelitian dijaring dengan menggunakan
instrumen; (1) Tes penguasaan konsep bentuk pilihan ganda beralasan dan essay,
(2) Skala sikap ilmiah, (3) Angket siswa, (4) Lembar observasi, (5) Wawancara.
Hasil analisis data
menunjukkan rata-rata peningkatan penguasaan konsep siswa yang menggunakan
metode praktikum konfrontatif sebesar 42,9 dan metode praktikum biasa sebesar
35,9 dengan kategori sedang namun berbeda signifikan pada taraf signifikansi α=0,05. Hasil skala sikap ilmiah kedua
kelompok mengalami rata-rata peningkatan untuk kelas eksperimen 8,05 dan kelas
kontrol 4,5 dengan kategori rendah namun berbeda signifikan pada taraf
signifikansi α=0,05. Berdasarkan analisis angket disimpulkan bahwa metode
pembelajaran yang digunakan sangat disenangi oleh siswa.
Hasil analisis lembar observasi menunjukkan
peningkatan perhatian dan aktivitas selama pembelajaran. Hasil wawancara
menunjukkan bahwa siswa sangat menginginkan belajar biologi yang disertai
dengan praktikum dan berharap dapat diterapkan pada mata pelajaran IPA lainnya.
Guru juga memberi tanggapan positif terhadap penggunaan metode praktikum
konfrontatif dalam pembelajaran biologi di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar