Pokok masalah penelitian ini adalah kepuasan
terhadap layanan akademik pada SMK Negeri di Kota Palangkaraya. Inti kajian
difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan layanan, yang meliputi
iklim organisasi dan kinerja tata usaha. Berdasarkan hal tersebut, pokok
masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah berapa besar kontribusi iklim
organisasi dan kinerja tata usaha sekolah terhadap kepuasan layanan akademik
baik secara parsial maupun secara bersama.
Teori-teori yang digunakan
sebagai landasan pelaksanaan penelitian ini terutama yang berhubungan dengan
konsep-konsep tentang pelayanan secara umum dan khusus, iklim organisasi
sekolah, kinerja secara umum, dan kinerja tata usaha sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan
data menggunakan angket skala lima likert.Teknik pengolahan data yang digunakan
adalah regresi ganda. Teknik ini digunakan untuk mengetahui perubahan
kontribusi yang disebabkan dari variabel bebas terhadap variabel terikat.
Uji signifikansi menggunakan uji-F dan uji-t.
Hasil penelitian ini adalah: (1) iklim organisasi, berada pada kategori sudah
baik. (2) Kinerja tata usaha, berada pada kategori tinggi. (3) Kepuasan layanan
akademik, berada pada kategori cukup tinggi. (4) Hasil analisis hubungan antara
X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y pada SMK Negeri 1 menunjukan angka
0,295 (X1) dan 0,330 (X2) artinya jika ada penambahan 1 iklim organisasi maka
kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 29,5%. Dan jika kinerja tata
usaha di tingkatkan 1 maka kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 33
% Sementara itu Hasil analisis hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama
terhadap Y pada SMK Negeri 2 menunjukan angka 0,596 (X1) dan 0,591 (X2) artinya
jika ada penambahan 1 iklim organisasi maka kepuasan layanan akademik akan
meningkat sebesar 59,4%. Dan jika kinerja tata usaha di tingkatkan 1 maka
kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 59,1%
Direkomendasikan kepada berbagai pihak untuk
memberikan pengkajian lebih lanjut dan melakukan berbagai upaya untuk lebih
meningkatkan dalam hal (1) Iklim organisasi dengan cara mengelola aspek fisik
internal organisasi sekolah, aspek sosial, dan membenahi sistem manajemen
organisasi sekolah. (2) Peningkatan mutu/kualitas tata usaha sekolah akan
meningkatkan kinerja tata usaha yang dapat di lihat dari aspek fisik, tanggung
jawab terhadap pekerjaan, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. (3)
Kepuasan terhadap pelayanan akademik dapat meningkat apa bila kedua faktor di
atas di tingkatkan dengan maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar