Selasa, 10 Maret 2015

KONTRIBUSI IKLIM ORGANISASI DAN KINERJA TATA USAHA TERHADAP KEPUASAN LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN :Studi Pada Beberapa SMK Negeri di Kota Palangkaraya

Pokok masalah penelitian ini adalah kepuasan terhadap layanan akademik pada SMK Negeri di Kota Palangkaraya. Inti kajian difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan layanan, yang meliputi iklim organisasi dan kinerja tata usaha. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah berapa besar kontribusi iklim organisasi dan kinerja tata usaha sekolah terhadap kepuasan layanan akademik baik secara parsial maupun secara bersama.

Teori-teori yang digunakan sebagai landasan pelaksanaan penelitian ini terutama yang berhubungan dengan konsep-konsep tentang pelayanan secara umum dan khusus, iklim organisasi sekolah, kinerja secara umum, dan kinerja tata usaha sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala lima likert.Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi ganda. Teknik ini digunakan untuk mengetahui perubahan kontribusi yang disebabkan dari variabel bebas terhadap variabel terikat.

Uji signifikansi menggunakan uji-F dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah: (1) iklim organisasi, berada pada kategori sudah baik. (2) Kinerja tata usaha, berada pada kategori tinggi. (3) Kepuasan layanan akademik, berada pada kategori cukup tinggi. (4) Hasil analisis hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y pada SMK Negeri 1 menunjukan angka 0,295 (X1) dan 0,330 (X2) artinya jika ada penambahan 1 iklim organisasi maka kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 29,5%. Dan jika kinerja tata usaha di tingkatkan 1 maka kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 33 % Sementara itu Hasil analisis hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y pada SMK Negeri 2 menunjukan angka 0,596 (X1) dan 0,591 (X2) artinya jika ada penambahan 1 iklim organisasi maka kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 59,4%. Dan jika kinerja tata usaha di tingkatkan 1 maka kepuasan layanan akademik akan meningkat sebesar 59,1%


Direkomendasikan kepada berbagai pihak untuk memberikan pengkajian lebih lanjut dan melakukan berbagai upaya untuk lebih meningkatkan dalam hal (1) Iklim organisasi dengan cara mengelola aspek fisik internal organisasi sekolah, aspek sosial, dan membenahi sistem manajemen organisasi sekolah. (2) Peningkatan mutu/kualitas tata usaha sekolah akan meningkatkan kinerja tata usaha yang dapat di lihat dari aspek fisik, tanggung jawab terhadap pekerjaan, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. (3) Kepuasan terhadap pelayanan akademik dapat meningkat apa bila kedua faktor di atas di tingkatkan dengan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar