Penelitian
ini dilatarbelakangi dari fenomena empirik tentang efektifitas pembelajaran
Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar ( SD ). Upaya peningkatan efektifitas
pembelajaran melalui kinerja mengajar dan fasilitas pendidikan belum
menunjukkan hasil yang optimal. Pembelajaran merupakan kegiatan yang substansif
pendidikan di sekolah yang menjadi tanggung jawab guru, dan efektifitas
pembelajaran merupakan indikator mutu sekolah. Efektifitas pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal
sekolah seperti : iklim sekolah, budaya sekolah, intensitas kepengawasan,
kinerja mengajar guru, fasilitas pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah,
struktur organisasi dan sebagainya. Permasalahan yang menjadi fokus kajian
penelitian ini adalah bagaimana “Kontribusi Kinerja Mengajar Guru dan Fasilitas
Pendidikan Terhadap Efektifitas Pembelajaran PAI.
Penelitian ini bertujuan secara umum untuk
membuktikan tentang kondisi objektif kontribusi Kinerja Mengajar Guru dan
Fasilitas Pendidikan Terhadap Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Tingkat Sekolah Dasar ( SD ) di Kabupaten Sumba Timur tahun 2010. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan
Agama Islam pada Sekolah Dasar ( SD ) tahun 2010 sebanyak 35 orang dengan
sample 30 0rang, diambil berdasarkan area sampling ( kluster sampling ). Data
dikumpulkan melalui angket tertutup. Data yang terkumpul diolah dan analisis
dengan menghitung tingkat korelasi bivariat ( pearson ) dan parsial serta
analisis regresi linear. Berdasarkan Pengolahan hasil penelitian dengan perhitungan
korelasi pearson diperoleh koefisien korelasi 0,474 dan koefisien determinen
22,4 % serta persamaan regresi Y=52,152 + 0,245 X1 + 0,540 X2.
Hal
tersebut menunjukkan bahwa kinerja mengajar guru dan fasilitas pendidikan
berkontribusi positif terhadap efektifitas pembelajaran PAI. Efektifitas
pembelajaran tidak sepenuhnya mendapat kontribusi dari kinerja mengajar guru
dan fasilitas pendidikan, melainkan masih ada faktor-faktor lain yang
berkontribusiinya dan perlu diperhatikan agar efektifitas pembelajaran lebih
ditingkatkan lagi. Rekomendasi yang diberikan agar adanya upaya peningkatan
efektiftas pembelajaran dengan melakukan berbagai pendekatan secara integral
dan komperhensif melalui sebuah ikhtiar untuk peningkatan kinerja mengajar guru
dan ketersediaan fasilitas pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan memadai,
serta upaya lain yang terkait dengan peningkatan efektifitas pembelajaran PAI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar