Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
merancang suatu model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan
pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada topik larutan
penyangga. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment yang melibatkan
32 siswa SMA kelas XI. Data yang didapat berupa nilai tes awal dan tes akhir
untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis
siswa. Sedangkan tanggapan siswa dan guru terhadap model pembelajaran diketahui
melalui hasil angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir
kritis siswa. Peningkatan pemahaman konsep tertinggi terjadi pada konsep
Larutan Penyangga dan terendah pada konsep Perhitungan pH Larutan Penyangga
setelah penambahan sedikit basa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis
tertinggi terdapat pada keterampilan memberikan alasan sedangkan yang terendah
terdapat pada mengidentifikasi atau merumuskan masalah. Secara umum model
pembelajaran ini dapat memotivasi siswa untuk belajar, serta mengasah
kreativitas dan kemampuan berpikir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar