Masalah dalam penelitian ini
adalah ”Pengaruh kepemimpinan situasional kepala TK dan kominikasi internal
terhadap kinerja mengajar guru TK Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya”.
Tujuannya untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan situasional kepala TK dan
kominikasi internal terhadap kinerja mengajar guru TK Kecamatan Cihideung Kota
Tasikmalaya.
Metoda penelitian adalah survey dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel diambil dari populasi 37 guru PNS TK Kecamatan Cihideung
Kota Tasikmalaya. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan
inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dengan menggunakan Weighted
Means Score (WMS) diperoleh kecenderungan skor rata-rata untuk : variabel X1
sebesar 4,23; variabel X2 sebesar 4,48 dan variabel Y sebesar 4,64. Ketiga
variabel yang diteliti termasuk katagori sangat tinggi berarti bahwa
aspek-aspek kriteria yang ada pada setiap variabel telah dilaksanakan dengan
benar.
Berdasarkan hasil uji normalitas data
masing-masing variabel diperoleh bahwa nilai signifikansi variabel X1 sebesar
0,592, variabel X2 sebesar 0,835 dan Y sebesar 0,153. Nilai signifikansi dari
masing-masing variabel > 0,05 yang berarti bahwa data dari masing-masing
variabel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi dan
koefisien determinasi diperoleh harga koefisien korelasi sederhana (r) variabel
X1 terhadap Y sebesar 11,80% ,Variabel X2 terhadap Y sebesar 35.50%, dan
korelasi ganda (r) variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 35,50%, yang
berarti bahwa pengaruh kepemimpinan situasional kepala TK dan komunikasi
internal terhadap kinerja mengajar guru TK sebesar 35,50 % dan sisanya 64,50%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu : iklim organisasi,
produktivitas organisasi, sarana prasarana, pembiayaan, disiplin guru,
partisipasi orang tua, kompensasi, motivasi, manajemen sekolah dan lain-lain.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh arah regresi b1 sebesar 0,03, b2
sebesar 0,690 dan konstanta atau a sebesar 34,885 maka dapat digambarkan bentuk
hubungan antara ketiga variabel tersebut oleh persamaan regresi %4; = 34,885 +
0,003 X1 + 0,690 X2.
Rekomendasi bahwa ; 1) Walaupun kepala TK sangat
baik dalam kepemimpinan, namun kepala TK harus lebih mengetahui teknik
pendelegasian. 2) Walaupun komunikasi di TK sangat baik namum Kepala TK harus
lebih memberikan pembinaan dalam pelaksanaan dan pengembangan administrasi
kemuridan terhadap guru 3) Walaupun kinerja mengajar guru sangat baik, namun
guru harus lebih meningkatkan kemampuan mengolah dan menganalisis hasil
penilaiaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar