Maksud penelitian ini adalah
untuk mengetahui fenomena-fenomena dan gambaran mengenai berbagai aspek
berkaitan dengan kinerja kepala sekolah SMK dalam upaya untuk meningkatkan
upaya sekolah dalam pengelolaan Sekolah Menengah Kejuruan sehingga dapat
menghasilkan lulusan SMK yang kompetitif dalam dunia kerja dan usaha.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Pendidikan dan pelatihan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja
Kepala Sekolah SMK sebesar 17%, Kemampuan Manajerial berpengaruh terhadap
Kinerja Kepala Sekolah SMK sebesar 18%, dan Pendidikan dan Pelatihan Kepala
Sekolah berpengaruh terhadap Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah sebesar 20%.
Sedangkan secara bersama-sama Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah dan
Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Kepala Sekolah
SMK sebesar 24%.
Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat dikemukakan hal-hal sebagai berikut, yaitu: (1) Peningkatan
kinerja kepala Sekolah agar mampu meningkatkan pengelolan SMK sebagai sekolah
yang mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja; (2) Pendidikan dan Pelatihan
Kepala Sekolah merupakan faktor yang mempunyai pengaruh pada faktor-faktor
lain, sehingga mampu meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan
sekolahnya.Dengan demikian upaya untuk mendorong peningkatan Kinerja Kepala
Sekolah SMK perlu terintegrasi dengan pengembangan kemampuan kepala sekolah
dalam pengelolaan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar